Infografis: Bagaimana Lelang (Bidding) di Google AdWords Bekerja

Bayangkan kita adalah seorang direktur pemasaran dari perusahaan yang mau mendapatkan pelanggan baru. Perusahaan memutuskan untuk beriklan di majalah atau TV. Bagaimana cara memasang iklan di sana?

Sederhana. Kita tinggal menyiapkan materi iklannya (desain untuk majalah, atau video untuk TV), lalu menghubungi majalah atau stasiun TV itu, membayar sekian juta rupiah. Voila! Lalu iklan kita tayang di sana. Mau iklannya bagus atau bikin ketawa (seperti iklan Mastin xD), mau yang jadi pembeli banyak atau sedikit, pokoknya kita harus bayar sekian juta rupiah dulu baru iklan tayang.

Bedanya dengan Digital Advertising/Periklanan Digital

Berbeda dengan periklanan di media tradisional seperti majalah/TV itu, periklanan digital (digital advertising) punya metode yang jauh berbeda. Salah satu metode yang paling umum adalah Pay per click alias PPC advertising. 

Dengan metode ini, perusahaan kita akan membayar iklan saat iklan kita diklik. Metode seperti ini memastikan periklanan kita menjadi efektif. Kita bisa menentukan berapa banyak kita mau menganggarkan uang untuk beriklan dan mengetahui hasilnya, apakah efektif atau tidak.

Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa PPC advertising adalah Google. Kita sudah tahu, Google adalah perusahaan periklanan terbesar di dunia. Berapa besar yang Google dapatkan dari iklan? 32,2 miliar dollar!

Salah satu layanan periklanan Google yang paling banyak menghasilkan pendapatan untuk Google (juga banyak membantu bisnis di seluruh dunia untuk berkembang), adalah Google AdWords.

Saat kita melakukan pencarian di Google, ada yang bertuliskan ‘Ad’ warna kuning seperti gambar ini kan? Inilah iklan PPC dari Google AdWords.

Contoh Iklan PPC Google AdWords

Saat iklan ‘Baju dress muslimah’ dari Hijabenka.com ini diklik misalnya, barulah si Hijabenka.com harus membayar. Iklan tampil begini saja nggak membuat dia harus membayar. PPC advertising berbeda dengan iklan di media tradisional yang untuk tampil saja harus berbayar, kita hanya membayar saat iklannya diklik.

Nah, ini memunculkan pertanyaan berikutnya.

Berapa Harga yang Harus Kita Bayar Sekali Klik di Iklan AdWords?

Jawabannya: bervariasi. Itu tergantung dari seberapa berani kita menawar atau melelang.

PPC advertising seperti AdWords menggunakan sistem lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan di halaman hasil pencarian untuk keyword tertentu. Posisi iklan kita ditentukan oleh proses lelang/bidding di Google AdWords.

Tapi tidak hanya mahal-mahalan berani bayar, ada juga kualitas iklan dinilai oleh Google. Semakin bagus kualitas iklan kita, posisi iklan kita cenderung akan lebih atas, serta harga per klik (alias CPC, Cost per click) cenderung semakin murah.

Infografis: Cara Kerja Lelang di Google AdWords

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang cara kerja sistem lelang/bidding di Google AdWords, ada sebuah infografis keren dari Wordstream.com.

Di infografis yang keren ini, kita bisa mengetahui:

  • Cara kerja Google AdWords
  • Apa yang ikut serta dalam proses lelang/bidding
  • Bagaimana cara Google menentukan iklan mana ditampilkan di posisi mana
  • Bagaimana cara Google menentukan berapa banyak yang harus kita bayar per klik-nya (CPC, Cost per click)
  • dan beberapa info lain tentang AdWords

Selamat belajar mengenai PPC advertising dengan Google AdWords!

What Is Google AdWords? How the AdWords Auction Works
What Is Google AdWords? How the AdWords Auction Works (klik untuk lebih besar)

Call to Action

 

Iklan

3 thoughts on “Infografis: Bagaimana Lelang (Bidding) di Google AdWords Bekerja

Bagaimana Menurutmu? Komentar Ya! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s