Apa dan Mengapa Search Engine Optimization? Belajar SEO (Bag. 1)

handwritten SEO flow chart on a whiteboard

Di postingan ini (wah sudah sebulan lebih saya tidak update blog ini!), saya mau mengajak kita semua belajar SEO alias Search Engine Optimization bersama-sama.

Apa sih SEO itu, dan mengapa kita harus mengerti tentang SEO?

Saya mau menebak, teman-teman yang aktif di dunia internet kemungkinan besar pernah mendengar mengenai SEO alias Search Engine Optimization, walaupun cuma sekilas. Di mata masyarakat awam, SEO selama ini punya image yang tidak sepenuhnya positif. Misalnya, penuh praktek terselubung dan rahasia, spammy alias nyepam, menggunakan trik serta software tertentu, dan tujuannya hanya untuk mendapatkan kekayaan dari Internet semata. Dulu saya juga punya pemikiran yang sama. Sebelum akhirnya saya nyemplung menjadi praktisi beneran di bidang SEO.

Hal-hal di atas hanya satu sisi saja dari dunia SEO. Di sisi lainnya, SEO digunakan dengan optimal oleh berbagai perusahaan di dunia untuk menjangkau lebih banyak target pasar dan mengembangkan bisnis mereka. Termasuk di perusahaan tempat saya bekerja sekarang.

Ya, mengetahui ilmu SEO sangatlah bermanfaat bagi setiap orang yang memiliki website. Itulah mengapa saya menulis ini. Harapan saya, teman-teman mengetahui tentang SEO secara mendasar, menyadari pentingnya SEO sebagai salah satu ujung tombak strategi digital marketing masing-masing.

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Banyak orang mengira SEO itu adalah upaya optimasi yang bertujuan untuk menjadikan website kita mendapatkan posisi pertama/teratas di situs pencari. Tapi definisi itu kurang tepat.

Berdasarkan definisi SEO yang disepakati oleh para praktisi di dunia, saya menerjemahkan dan merumuskan definisi SEO dalam bahasa saya:

Search Engine Optimization adalah upaya untuk mendapatkan lebih banyak traffic yang berasal dari target pasar kita dan meningkatkan customer/pembeli melalui mesin pencari.

Definisi SEO versi: Moz, Wikipedia, Search Engine Land.

SEO itu bukan bertujuan menaikkan ranking di mesin pencari semata, karena menjangkau target market dan menjadikan mereka menjadi pembeli adalah tujuan dari semua bisnis. Kalau bisa ranking pertama tapi tidak ada pembeli yang datang, buat apa? Betul tidak?

Mesin pencari di sini meliputi Google, Yahoo, dan Bing. Namun di tulisan ini, saya banyak menyebut hanya Google, karena Google-lah mesin pencari yang banyak digunakan di Indonesia.

Mengapa Menjangkau Target Pasar Lewat Mesin Pencari?

“Tanya aja mbah Google!”

Ini adalah kalimat yang udah amat sering kita dengar. Ya, melakukan pencarian atau googling adalah kebiasaan kita semua kalau mau mengetahui sesuatu. Karena itulah, ada lebih dari 3 milyar pencarian terjadi setiap harinya. Orang-orang yang mencari di mesin pencari kemudian mengklik website yang muncul di halaman hasil pencarian.

Website yang muncul di halaman awal, khususnya posisi/ranking teratas, mendapatkan pengunjung lebih banyak, karena semakin rendah posisi di halaman hasil pencarian, apalagi di halaman-halaman selanjutnya, semakin sedikit orang yang melihat dan mengklik. Itulah mengapa semua website berlomba-lomba meng-SEO-kan websitenya.

Pemilik website tidak perlu membayar setiap kali ada pengunjung yang masuk setelah mengklik website kita di halaman hasil pencarian. Mau sampai ratusan, ribuan, berapapun, traffic dari mesin pencari itu GRATIS! Berbeda dengan digital advertising (seperti search engine atau social media advertising) yang mengharuskan kita membayar untuk mendapatkan traffic (umumnya dibayar per klik).

Semakin lama, seiring bertambahnya jumlah pengguna Internet di dunia, potensi kunjungan dari situs pencari akan semakin besar. Jumlah pencarian di Google sendiri tumbuh sekitar 10-15% setiap tahunnya . Faktor jumlah serta gratisnya traffic yang masuk, menjadikan SEO akan dan terus menjadi salah satu tumpuan strategi digital paling utama bagi setiap pemasar digital/pemilik website.

<bersambung ke postingan kedua: Bagaimana Mesin Pencari seperti Google Bekerja>

Call to Action

Daftar postingan seri Belajar SEO

Setelah membaca tulisan-tulisan di seri ini, teman-teman bisa belajar dan menggali lebih dalam mengenai SEO (saya juga menyertakan link ke bacaan atau tutorial lebih lanjut), menerapkan di website sendiri, dan pada akhirnya bisa menjangkau target pasar teman-teman lewat situs pencari dan mendapatkan customer dari sana. Tulisan ini saya bagi menjadi beberapa post karena tulisan aslinya amat panjang. Saya berusaha menjelaskan selengkap mungkin menggunakan bahasa yang sederhana.

  1. Apa dan mengapa Search Engine Optimization?
  2. Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari seperti Google?
  3. Keyword Research
  4. On Page Optimization
  5. Off Page Optimization

Photo Credit: Search Influence via Compfight cc

Iklan

3 thoughts on “Apa dan Mengapa Search Engine Optimization? Belajar SEO (Bag. 1)

Bagaimana Menurutmu? Komentar Ya! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s