Dapatkan ‘Gelar’ Sarjana atau MBA Bidang Digital/Online Marketing dengan Materi Ini

university student group

Saya mengenal Internet sejak menggunakan Telkomnet Instan di rumah, sekitar tahun 2000-an (maaf ya mama, dulu tagihan telepon pernah nyampe satu juta rupiah, huhu). Dan memang di tahun segitu industri digital/internet di Indonesia mulai tumbuh. Yang saya paling ingat zaman itu sih ada Plasa.com. Masih butuh waktu beberapa tahun lagi hingga saat ini digital atau online menjadi bagian penting dari strategi marketing perusahaan, atau bahkan menjadi tulang punggung perusahaan seperti saat ini.

Sebagai industri yang masih sangat baru, industri digital atau online marketing berkembang dengan amat sangat cepat. Saking cepatnya berkembang, SDM-nya sangat kurang. Padahal profesional bidang digital marketing itu sangat dibutuhkan sekali, makanya nggak heran terjadi bajak-membajak talent berkualitas antar perusahaan.

Emangnya di Indonesia ada gitu, program studi sarjana yang mempelajari mengenai digital/online marketing? Umumnya sih ada mata kuliahnya, tapi ya itu sebatas mata kuliah saja, belum jadi satu program studi sendiri yang mendalam. Misalnya mata kuliah Digital Marketing Communication & New Media di Post Graduate London School Public Relations (LSPR), lalu Introduction to Social Media and New Media Marketing Strategies di jurusan S1 Marketing Prasetya Mulya Business School.

Tapi saya juga sedikit googling, ketemu deh program sarjana Program Sertifikasi Internet Marketing & Komunikasi Digital dari UIN Syarif Hidayatullah & Univ. Muhammadiyah Jakarta. Waw, ini sangat keren!

Cuma ya namanya kuliah, harus ada biaya yang dikeluarkan. Tapi bagaimana kalau kita cuma ingin tahu bagaimana sih dunia digital marketing ini? Masa harus mengeluarkan uang banyak dulu?

Nah, kita sangat beruntung! Kita berada di industri yang banyak orang mau berbagi ilmu untuk memajukan industri ini. Mereka mendedikasikan waktu mereka untuk membuat materi belajar yang bisa kita manfaatkan secara otodidak, untuk menambah knowledge kita! Dan yang paling penting, GRATIS!

Ini beberapa tempat belajar digital/online marketing yang sebagiannya pernah saya ikuti, yang teman-teman harus ikuti juga kalau ingin belajar digital marketing.

Di mana saja itu man?