Saya mengenal Internet sejak menggunakan Telkomnet Instan di rumah, sekitar tahun 2000-an (maaf ya mama, dulu tagihan telepon pernah nyampe satu juta rupiah, huhu). Dan memang di tahun segitu industri digital/internet di Indonesia mulai tumbuh. Yang saya paling ingat zaman itu sih ada Plasa.com. Masih butuh waktu beberapa tahun lagi hingga saat ini digital atau online menjadi bagian penting dari strategi marketing perusahaan, atau bahkan menjadi tulang punggung perusahaan seperti saat ini.
Sebagai industri yang masih sangat baru, industri digital atau online marketing berkembang dengan amat sangat cepat. Saking cepatnya berkembang, SDM-nya sangat kurang. Padahal profesional bidang digital marketing itu sangat dibutuhkan sekali, makanya nggak heran terjadi bajak-membajak talent berkualitas antar perusahaan.
Emangnya di Indonesia ada gitu, program studi sarjana yang mempelajari mengenai digital/online marketing? Umumnya sih ada mata kuliahnya, tapi ya itu sebatas mata kuliah saja, belum jadi satu program studi sendiri yang mendalam. Misalnya mata kuliah Digital Marketing Communication & New Media di Post Graduate London School Public Relations (LSPR), lalu Introduction to Social Media and New Media Marketing Strategies di jurusan S1 Marketing Prasetya Mulya Business School.
Tapi saya juga sedikit googling, ketemu deh program sarjana Program Sertifikasi Internet Marketing & Komunikasi Digital dari UIN Syarif Hidayatullah & Univ. Muhammadiyah Jakarta. Waw, ini sangat keren!
Cuma ya namanya kuliah, harus ada biaya yang dikeluarkan. Tapi bagaimana kalau kita cuma ingin tahu bagaimana sih dunia digital marketing ini? Masa harus mengeluarkan uang banyak dulu?
Nah, kita sangat beruntung! Kita berada di industri yang banyak orang mau berbagi ilmu untuk memajukan industri ini. Mereka mendedikasikan waktu mereka untuk membuat materi belajar yang bisa kita manfaatkan secara otodidak, untuk menambah knowledge kita! Dan yang paling penting, GRATIS!
Ini beberapa tempat belajar digital/online marketing yang sebagiannya pernah saya ikuti, yang teman-teman harus ikuti juga kalau ingin belajar digital marketing.
Daftar ini akan diupdate jika ada resource lain yang bisa ditambahkan. Mohon bantuan teman-teman untuk melengkapinya lewat komentar ya!
1. Belajar Berbagai Topik Digital/Online Marketing di QuickSprout Blog
Materi-materi di sini saya suka karena disajikan dalam bentuk/desain yang menarik. Teman-teman bisa download dalam bentuk PDF untuk dibaca di handphone, atau baca chapter per chapter secara online. Instruksi dari Neil Patel, penulisnya, baca secara berurutan dari atas ke bawah.
- Beginner’s Guide to Online Marketing – tanpa mengerti dasarnya, kita tidak tahu dari mana memulainya dan apa yang harus dipelajari lebih lanjut.
- The Complete Guide to Understanding Consumer Psychology – jika kita tidak tahu apa yang membuat orang-orang tertarik, atau bahkan membeli, kita tidak akan sukses sebagai digital marketer.
- The Advanced Guide to SEO – Google adalah situs pencari paling populer di dunia. Panduan ini akan membantu kita mendapatkan traffic dari Google.
- The Advanced Guide to Content Marketing – ngeblog adalah cara paling mudah untuk membangun authority atau kepakaran dan mendapatkan traffic dari social media. Tapi membuat konten tidak mudah. Ikuti langkah-langkah di panduan ini untuk menjadi sukses dalam menciptakan konten (saya harus bilang, Neil sangat sukses dalam hal ini. Dia menulis postingan SETIAP HARI sambil menjalankan 2 perusahaanya!)
- The Advanced Guide to Link Building – salah satu cara terbaik mendapatkan traffic adalah mendapatkan link dari website lain. Dengan mengikuti strategi link building ini, kita tidak hanya akan mendapatkan referral traffic, tapi juga search engine traffic.
- The Complete Guide to Building Your Blog Audience – jika kita tidak bisa membangun komunitas di sekitar brand dan blog kita, tidak tidak akan sukses. Kita perlu menumbuhkan loyalitas. Panduan ini akan menunjukkan caranya.
- The Definitive Guide to Growth Hacking – ada beberapa strategi untuk mengembangkan bisnis kita. Panduan ini akan mengajarkan bagaimana cara menumbuhkan bisnis secara konsisten, bulan ke bulan.
- The Definitive Guide to Conversion Optimization – mendapatkan traffic itu baru separuh pertempuran. Sisanya adalah mengubah pengunjung website menjadi pelanggan.
- The Definitive Guide to Landing Page Optimization – dengan membuat landing page yang fokus untuk produk dan penawaran yang berbeda-beda, kita bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.
- The Definitive Guide to Marketing Automation – tidak semua pengunjung akan terkonversi menjadi pelanggan saat itu juga. Panduan ini akan menunjukkan cara untuk mem-follow up dan keep in touch dengan mereka agar mereka bisa convert suatu waktu nanti.
- The Definitive Guide to Copywriting – sebagai marketer, kita harus bisa menulis dengan copywriting yang meyakinkan. Ternyata ada seni dan sains-nya.
- The Complete Guide to Personal Branding – selain memasarkan usaha kita, kita juga harus bisa memasarkan diri kita sendiri. Saat personal branding diri kita berkembang, perusahaan kita pun demikian.
Tambahannya, ada dua materi mendalam tentang:
- Double Your Traffic in 30 Days – langkah demi langkah untuk membuat website baru kita memiliki dari 0 pengunjung menjadi ribuan pengunjung per bulannya.
- Double Your Conversions in 30 Days – setelah mendapatkan pengunjung di website kita, saatnya menjual kepada mereka. Panduan ini menunjukkan langkah yang perlu dilakukan untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.
Source: Get Your MBA in Internet Marketing with These 12 Guides and 2 Courses
2. Belajar Digital Analytics dari Google Analytics
Saya sudah menuliskan pentingnya memahami digital analytics. Nah, Google sudah menyediakan course-nya yang sangat lengkap dan bagus di Google Analytics Academy. Bentuknya YouTube video dengan durasi di bawah 10 menit, dengan penjelasan yang sangat clear. Ada quiz-nya juga.
Saat ini ada beberapa course yang tersedia. Ikuti dari atas ke bawah juga ya.
- Digital Analytics Fundamentals. Di kelas ini, dibahas pentingnya mengukur performa bisnis melalui pengukuran digital, istilah-istilah yang ada, dan cara menganalisis data yang ada, agar kita bisa memperbaiki performa bisnis kita berdasarkan data yang bisa dianalisa.
- Google Analytics Platform Principles. Di kelas ini, dibahas cara Google Analytics bekerja, dari mengumpulkan data, pengaturannya, diproses, hingga ditampilkan
- Ecommerce Analytics: From Data to Decisions. Ini course yang sangat seru, karena fokus membahas analytics untuk e-commerce.
- Soon: Mobile App Analytics Fundamentals. Digital analytics tidak hanya untuk website saja, tapi juga untuk mobile apps. Kelas ini membahas itu.
3. Belajar Membuat Website di Google Webmaster Academy
Lihat di sini: Google Webmaster Academy.
Yang dibahas bukan tentang teknis membuat websitenya (HTML, CSS). Namun tentang bagaimana membuat website yang bermanfaat untuk pengunjung, mudah dikenali oleh Google search engine, dan memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk membantu kita menjaga website kita.
4. Belajar Search Engine Optimization dari Whiteboard Friday-nya Moz
MOZ adalah tools yang membantu kita dalam melakukan search engine optimization (SEO). Mereka juga berbagi banyak sekali ilmu SEO di blognya. Nah, yang menarik adalah setiap hari Jum’at mereka merilis satu video YouTube yang mengcover satu topik di dalam SEO. Mulai dari keyword targeting, on-page optimization, masalah link building, menghindari penalti Google, dan sebagainya.
Cek playlist-nya di YouTube Whiteboard Friday.
Wow, Materinya Banyak Sekali! Bagaimana Memanfaatkan Materi-materi Belajar Digital Marketing Itu?
1. Coba dulu satu materi, mulai dari yang mendasar (mulai dari yang paling atas). Jika teman-teman memang menemukan passion di situ, teman-teman akan membaca atau menonton materi berikutnya, lagi, lagi, dan lagi.
2. Praktekkan knowledge yang dimiliki, karena ilmu tidak akan berkembang kalau tidak diterapkan. Untuk mempraktekkannya, teman-teman bisa membuat toko online sendiri misalnya, atau membuat blog sendiri. Teman-teman juga bisa membantu bisnis orang terdekat secara sukarela. Yakinkan mereka bahwa teman-teman mau membantu mereka mengembangkan bisnis mereka di Internet, sekaligus mempraktekkan ilmunya.
3. Yakinkan diri bahwa teman-teman memang punya passion dan merasa sangat bermakna saat berkecimpung di dunia ini. Jika sudah yakin, dan ingin belajar lebih banyak lagi, ikut pelajaran yang berbayar. Di tulisan berikutnya insya Allah akan saya ceritakan di mana saja belajar digital/online marketing yang berbayar. Tentu saja fasilitas dan yang didapat akan jauh lebih banyak dibanding yang gratis ini
4. Ambil sertifikasi online marketing professional seperti OMCP® – Online Marketing Certified Professional, atau Google AdWords dan Analytics Certification.
4. Setelah teman-teman punya pengetahuan dan pengalaman bekerja sukarela di bidang ini, coba lihat lowongan yang ada di bidang ini, dan melamarlah. Rasakan dunia digital/online marketing yang sebenarnya!
—
Adakah tempat belajar lain yang gratis dan berkualitas seperti ini? Share di comment yaa..
Yuk sama-sama belajar jadi digital/online marketing profesional! See you on top!
Photo Credit: www.audio-luci-store.it via Compfight cc
Ilman ini keren banget. Gw repost ya man di blog gw. Makasiiih 😀
SukaSuka
makasih niien! 🙂
silakaan2 ^^
SukaSuka
Hi Mas Ilman, mau tanya. Untuk sekolah/course di bidang digital marketing yng rekomen dimana ya?
SukaSuka
Nice share Ilman, apakah saya bisa mendapatkan contact numbernya Ilman?
SukaSuka
Postingan yg sangat brmanfaat untuk orang yg ingin memperdalam ilmu saya di dunia digital marketing, izin reblog ya di blog saya 😀
Terimakasih.
SukaSuka
Reblogged this on JONA MONINGKA and commented:
Panduan lengkap untuk yang ingin tahu lebih dalam mengenai seluk beluk dunia Digital Marketing..
SukaSuka
Salam kenal, Om Ilman. Terima kasih sudah berbagi ilmu di blog-nya. Ijin berguru ya 🙂
SukaSuka
Salam kenal Bang Ilman, Saya sangat suka dengan informasi ini. Sangat, sangat dan sangat bermanfaat. terima kasih, terimak kasih dan terima kasih. Sukses selalu mas dan kawan2 ^^
SukaSuka