Dapatkan ‘Gelar’ Sarjana atau MBA Bidang Digital/Online Marketing dengan Materi Ini

university student group

Saya mengenal Internet sejak menggunakan Telkomnet Instan di rumah, sekitar tahun 2000-an (maaf ya mama, dulu tagihan telepon pernah nyampe satu juta rupiah, huhu). Dan memang di tahun segitu industri digital/internet di Indonesia mulai tumbuh. Yang saya paling ingat zaman itu sih ada Plasa.com. Masih butuh waktu beberapa tahun lagi hingga saat ini digital atau online menjadi bagian penting dari strategi marketing perusahaan, atau bahkan menjadi tulang punggung perusahaan seperti saat ini.

Sebagai industri yang masih sangat baru, industri digital atau online marketing berkembang dengan amat sangat cepat. Saking cepatnya berkembang, SDM-nya sangat kurang. Padahal profesional bidang digital marketing itu sangat dibutuhkan sekali, makanya nggak heran terjadi bajak-membajak talent berkualitas antar perusahaan.

Emangnya di Indonesia ada gitu, program studi sarjana yang mempelajari mengenai digital/online marketing? Umumnya sih ada mata kuliahnya, tapi ya itu sebatas mata kuliah saja, belum jadi satu program studi sendiri yang mendalam. Misalnya mata kuliah Digital Marketing Communication & New Media di Post Graduate London School Public Relations (LSPR), lalu Introduction to Social Media and New Media Marketing Strategies di jurusan S1 Marketing Prasetya Mulya Business School.

Tapi saya juga sedikit googling, ketemu deh program sarjana Program Sertifikasi Internet Marketing & Komunikasi Digital dari UIN Syarif Hidayatullah & Univ. Muhammadiyah Jakarta. Waw, ini sangat keren!

Cuma ya namanya kuliah, harus ada biaya yang dikeluarkan. Tapi bagaimana kalau kita cuma ingin tahu bagaimana sih dunia digital marketing ini? Masa harus mengeluarkan uang banyak dulu?

Nah, kita sangat beruntung! Kita berada di industri yang banyak orang mau berbagi ilmu untuk memajukan industri ini. Mereka mendedikasikan waktu mereka untuk membuat materi belajar yang bisa kita manfaatkan secara otodidak, untuk menambah knowledge kita! Dan yang paling penting, GRATIS!

Ini beberapa tempat belajar digital/online marketing yang sebagiannya pernah saya ikuti, yang teman-teman harus ikuti juga kalau ingin belajar digital marketing.

Daftar ini akan diupdate jika ada resource lain yang bisa ditambahkan. Mohon bantuan teman-teman untuk melengkapinya lewat komentar ya!

1. Belajar Berbagai Topik Digital/Online Marketing di QuickSprout Blog

Materi-materi di sini saya suka karena disajikan dalam bentuk/desain yang menarik. Teman-teman bisa download dalam bentuk PDF untuk dibaca di handphone, atau baca chapter per chapter secara online. Instruksi dari Neil Patel, penulisnya, baca secara berurutan dari atas ke bawah.

Tambahannya, ada dua materi mendalam tentang:

  • Double Your Traffic in 30 Days – langkah demi langkah untuk membuat website baru kita memiliki dari 0 pengunjung menjadi ribuan pengunjung per bulannya.
  • Double Your Conversions in 30 Days – setelah mendapatkan pengunjung di website kita, saatnya menjual kepada mereka. Panduan ini menunjukkan langkah yang perlu dilakukan untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Source: Get Your MBA in Internet Marketing with These 12 Guides and 2 Courses

Google Analytics Academy

2. Belajar Digital Analytics dari Google Analytics

Saya sudah menuliskan pentingnya memahami digital analytics. Nah, Google sudah menyediakan course-nya yang sangat lengkap dan bagus di Google Analytics Academy. Bentuknya YouTube video dengan durasi di bawah 10 menit, dengan penjelasan yang sangat clear. Ada quiz-nya juga.

Saat ini ada beberapa course yang tersedia. Ikuti dari atas ke bawah juga ya.

Webmaster Academy international logo

3. Belajar Membuat Website di Google Webmaster Academy

Lihat di sini: Google Webmaster Academy.

Yang dibahas bukan tentang teknis membuat websitenya (HTML, CSS). Namun tentang bagaimana membuat website yang bermanfaat untuk pengunjung, mudah dikenali oleh Google search engine, dan memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk membantu kita menjaga website kita.

4. Belajar Search Engine Optimization dari Whiteboard Friday-nya Moz

MOZ adalah tools yang membantu kita dalam melakukan search engine optimization (SEO). Mereka juga berbagi banyak sekali ilmu SEO di blognya. Nah, yang menarik adalah setiap hari Jum’at mereka merilis satu video YouTube yang mengcover satu topik di dalam SEO. Mulai dari keyword targeting, on-page optimization, masalah link building, menghindari penalti Google, dan sebagainya.

Cek playlist-nya di YouTube Whiteboard Friday.

Wow, Materinya Banyak Sekali! Bagaimana Memanfaatkan Materi-materi Belajar Digital Marketing Itu?

1. Coba dulu satu materi, mulai dari yang mendasar (mulai dari yang paling atas). Jika teman-teman memang menemukan passion di situ, teman-teman akan membaca atau menonton materi berikutnya, lagi, lagi, dan lagi.

2. Praktekkan knowledge yang dimiliki, karena ilmu tidak akan berkembang kalau tidak diterapkan. Untuk mempraktekkannya, teman-teman bisa membuat toko online sendiri misalnya, atau membuat blog sendiri. Teman-teman juga bisa membantu bisnis orang terdekat secara sukarela. Yakinkan mereka bahwa teman-teman mau membantu mereka mengembangkan bisnis mereka di Internet, sekaligus mempraktekkan ilmunya.

3. Yakinkan diri bahwa teman-teman memang punya passion dan merasa sangat bermakna saat berkecimpung di dunia ini. Jika sudah yakin, dan ingin belajar lebih banyak lagi, ikut pelajaran yang berbayar. Di tulisan berikutnya insya Allah akan saya ceritakan di mana saja belajar digital/online marketing yang berbayar. Tentu saja fasilitas dan yang didapat akan jauh lebih banyak dibanding yang gratis ini

4. Ambil sertifikasi online marketing professional seperti OMCP® – Online Marketing Certified Professional, atau Google AdWords dan Analytics Certification.

4. Setelah teman-teman punya pengetahuan dan pengalaman bekerja sukarela di bidang ini, coba lihat lowongan yang ada di bidang ini, dan melamarlah. Rasakan dunia digital/online marketing yang sebenarnya!

Adakah tempat belajar lain yang gratis dan berkualitas seperti ini? Share di comment yaa..

Yuk sama-sama belajar jadi digital/online marketing profesional! See you on top!

Photo Credit: www.audio-luci-store.it via Compfight cc

Call to Action

Iklan

9 thoughts on “Dapatkan ‘Gelar’ Sarjana atau MBA Bidang Digital/Online Marketing dengan Materi Ini

  1. Salam kenal Bang Ilman, Saya sangat suka dengan informasi ini. Sangat, sangat dan sangat bermanfaat. terima kasih, terimak kasih dan terima kasih. Sukses selalu mas dan kawan2 ^^

    Suka

Bagaimana Menurutmu? Komentar Ya! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s