Apa Itu “Digital Analytics” dan Mengapa Kita Harus Memahaminya? Lalu Apa Itu “Google Analytics”?

My Files

Kemampuan memahami digital analytics adalah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap profesional dalam bidang digital marketing. Google Analytics sendiri adalah salah satu digital analytics tools yang harus dikuasai oleh setiap profesional.

Mengapa?

Karena digital marketing berjalan di atas data kuantitatif yang bisa diukur. Analytics memberikan kita alat untuk melihat data itu dan menganalisanya, untuk menjadikan landasan dalam keputusan digital marketing kita ke depannya.

Mengapa Digital Analytics?

Pernah mendengar anekdot berikut ini? “Half the money I spend on advertising is wasted; the trouble is I don’t know which half.”

Kalimat itu konon diucapkan oleh John Wanamaker, seorang pengusaha retail Amerika Serikat yang dianggap sebagai pionir dalam bidang advertising dan marketing. Ia adalah pengusaha retail pertama yang memasang iklan setengah halaman di koran pada tahun 1874, dan yang pertama pula memasang iklan satu halaman penuh di tahun 1879.

Jika kita melakukan aktivitas marketing dalam bentuk iklan di koran (beserta iklan di media non-digital lainnya seperti TV, radio, majalah, dan sebagainya), kita tidak tahu secara persis bagaimana hasil dari iklan yang kita pasang. Apakah penjualan kita bertambah? Kita cuma bisa memperkirakan, atau melihat hasil survei pihak ketiga (misalnya Nielsen untuk TV) untuk mengetahui hasilnya.

Ini berbeda 100% dengan digital marketing. Teknologi memungkinkan kita untuk melihat hasil dari seluruh aktivitas pemasaran kita.

Kita bisa tahu berapa banyak pengunjung baru di website kita, berapa jumlah followers yang bertambah, berapa kali video kita ditonton, berapa banyak apps kita didownload, dan sebagainya.

Di sinilah peran dari digital analytics: mengetahui data A-Z dari semua aktivitas pemasaran kita.

Belajarlah Digital Analytics Mulai dari Google Analytics

Google Analytics Home Page
Google Analytics Home Page

Website adalah channel pemasaran digital yang paling wajib dimiliki. *kalau nggak punya website, ya kita tidak eksis di dunia digital dong*

Sebagai channel pemasaran digital yang utama, website menjadi tulang punggung sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya. Misalnya, untuk perusahaan yang menjual produk secara online, pembeli datang dari orang yang membuka website. Atau untuk perusahaan jasa, mereka mendapatkan calon klien dari website. Atau untuk sebuah tempat kursus, calon murid ya datangnya dari website.

Oleh karena itu, website harus bisa diketahui performanya dalam mendukung aktivitas pemasaran. Nah, Google Analytics adalah tools terbaik (dan GRATIS) dari Google untuk mendapatkan data performa website kita. Google Analytics sudah menjadi standar industri untuk digital analytics untuk website

Apa yang Bisa Dilihat di Google Analytics

Begitu kita mampu melakukan konfigurasi, membaca report, serta menganalisa data di Google Analytics, kita bisa mengambil keputusan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing kita melalui website. Apa yang harus diperbaiki dari website, jalur mana yang harus ditingkatkan untuk mendapatkan lebih banyak pembeli, dan sebagainya.

Ini beberapa hal paling utama tentang website kita yang bisa dilihat di Google Analytics.

Screenshot di atas hanya nggak sampai 1% dari apa yang sebenarnya bisa dilihat dari Google Analytics secara keseluruhan. Masih banyak lagi data yang bisa digali untuk memahami kinerja website kita sebagai channel pemasaran digital.

Dimana Belajar Google Analytics?

Tidak ada tempat yang lain untuk belajar digital analytics selain di Google Analytics Academy. Itu training resource resmi dari Google, dengan materi belajar utama berbentuk video, serta ada kuis juga untuk membantu pemahaman. Bahkan buat kita yang masih awam 100%, materi video itu sangat membantu kita memahami dunia digital analytics.

Google Analytics Academy
Google Analytics Academy

Materi Digital Analytics Fundamentals adalah materi pertama yang harus kita selesaikan karena itu benar-benar menjelaskan dasar digital analytics.

Hal yang terbaik adalah belajar di Google Analytics Academy itu GRATIS 100%!

Apa Lagi Berikutnya? Analytics untuk Social Media!

Begitu kita mampu memahami dasar-dasarnya, kita akan mudah dalam memahami analytics tools lainnya selain Google Analytics. Karena Twitter punya analytics sendiri, Facebook ads punya analytics sendiri, hampir semua di dunia digital marketing sangat bergantung pada digital analytics.

Facebook Analytics (Insight)
Facebook Analytics (Insight)
Twitter Analytics
Twitter Analytics (dari https://business.twitter.com/products/analytics)

Digital marketing adalah dunia penuh data. Darahnya digital marketing, ya data. Membuat strategi digital marketing yang berorientasi data sejak awal, memantau data perkembangan strategi kita saat berjalan, serta menganalisa dan mengambil keputusan berdasarkan data, itu adalah dunia digital marketing.

Mampu memahami data, artinya kita akan mampu melihat apakah strategi digital marketing kita efektif atau tidak. Tertarik untuk belajar digital analytics? Yuk belajar dulu dasar-dasarnya Digital Analytics Fundamentals lalu kita diskusi bareng di sini.

Selamat belajar!

Call to Action


Photo Credit: Daniel Y. Go via Compfight cc

Iklan

2 thoughts on “Apa Itu “Digital Analytics” dan Mengapa Kita Harus Memahaminya? Lalu Apa Itu “Google Analytics”?

Bagaimana Menurutmu? Komentar Ya! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s