Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari seperti Google? Belajar SEO (Bag. 2)

How Search Works
How Search Works

 

Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai apa itu SEO dan mengapa harus memanfaatkan SEO, di tulisan ini saya akan menceritakan bagaimaa mesin pencari (search engine) seperti Google bekerja.

Apakah di antara teman-teman ada yang penasaran bagaimana mesin pencari bekerja? Kok bisa sih begitu kita mengetik kata kunci pencarian, hasilnya keluar dalam sekejap mata, dan memang sesuai dengan yang kita cari pula? Di bagian ini, saya menceritakan cara kerja Google. Bagian ini penting diketahui karena prinsip SEO bekerja berdasarkan prinsip mesin pencari.

Pusing membaca teks panjang? Lihat versi cerita & infografis tentang bagaimana Google bekerja di sini.

1. Crawling dan Indexing

Salah satu bagian utama dari mesin pencari seperti Google adalah ‘prajurit’ yang menjelajahi seluruh penjuru Internet. Prajurit ini biasa disebut bot (kependekan dari Google-bot, Google-robot, karena prajurit ini berjalan secara otomatis seperti robot).

Para Google-bot ini bekerja dengan mendatangi website satu per satu, persis seperti kita membuka website dari komputer kita. Setiap kali ia membuka sebuah halaman website, ia akan membaca seluruh isinya, kemudian mencatat ringkasan isi halamannya (ini halaman tentang apa, judulnya apa, isinya seperti apa, dsb).

Hasil ringkasan si prajurit ini dikirimkan ke komputer pusat milik Google untuk disimpan. Ringkasan informasi website ini disebut index. Mudahnya, index itu seperti kartu-kartu perpustakaan yang setiap kartunya berisi satu topik tertentu. Kita bisa tahu topik dan ringkasan setiap buku perpustakaan hanya dengan membaca index/kartu perpustakaan, namun untuk membaca topik itu secara lengkap, kita diarahkan untuk membaca bukunya yang berada di rak sekian nomor sekian.

Saat membaca dan meringkas isi sebuah halaman website, si prajurit akan menemukan link di halaman itu, yang mengarah ke halaman lain di website yang sama (seperti di bagian menu navigasi), atau link ke website lainnya. Si robot Google ini juga akan mampir ke halaman lain yang diarahkan oleh link itu. Di halaman lain itu, ia juga membaca dan meringkas isi halamannya.

Google - Crawling
Google melakukan crawling (How Search Works)

 

Saat prajurit Google menelusuri link itu, ia juga menggambar peta jaringan link antar halaman website. Dari peta ini akan terlihat hubungan antar halaman website. Website-website dengan isi yang bagus dan populer umumnya mendapatkan banyak link dari banyak website lainnya.

Komputer pusat milik Google berisi berisi miliaran (mungkin triliunan) ringkasan/index halaman website beserta  peta jaringan antar halamannya, hasil kerja si prajurit bot tadi. Saat kita mencari di Google, sebetulnya kita bukan mencari di Internet. Kita hanya mencari index website yang tersimpan di komputernya Google.

2. Serving (Melayani Query Pencarian)

Setiap kali kita melakukan pencarian di mesin pencari, kata kunci/keywords atau topik atau query yang kita masukkan akan dicocokkan secara otomatis oleh Google dengan seluruh index miliknya, mana topik/index yang sesuai dengan apa yang kita cari. Setelah Google menemukan halaman-halaman website yang berhubungan dengan topik yang kita cari, Google akan menampilkan halaman-halaman itu dan mengurutkannya, kemudian menampilkan semua hasilnya.

Ada lebih dari 200 faktor yang digunakan oleh Google untuk menentukan mana index yang diambil dan bagaimana mengurutkannya. Faktor-faktor ini tidak terbuka untuk umum (tentu saja, ini kan bisnis intinya Google). Namun ada beberapa perusahaan yang berusaha ‘menebak’ faktor-faktor tersebut lewat penelitian mereka sendiri.

Dari kita mengetik kata kunci yang kita cari hingga keluar hasilnya, semua dilakukan hanya dalam waktu setengah detik saja! Selengkapnya bisa tonton video ini. Penjelasan ini diceritakan ulang dari halaman di Google tentang bagaimana Google meng-crawl, index, dan melayani query pencarian di mesin pencari.

Mengapa kita harus tahu cara kerja mesin pencari? Karena poin utama SEO terjadi saat Google memilih dan mengurutkan halaman. Ia hanya akan memilih halaman yang dianggap relevan & berkualitas (sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna Google) dan mengurutkannya berdasarkan yang dianggap penting dan terpercaya.

Artinya kita harus membuat halaman website kita relevan & berkualitas, serta menjadikan website kita penting dan terpercaya dalam topik yang kita pilih. Dan itulah yang akan kita lakukan dengan SEO.

Bacaan lebih lanjut

Kita tidak bisa mengetahui bagaimana cara Google memilih & menentukan website yang dianggap relevan, berkualitas, penting, dan terpercaya, karena itu sangat dirahasiakan oleh mereka. Namun, beberapa pihak melakukan penelitian untuk mengetahui hal-hal tersebut, yang hasil risetnya bisa kita lihat di sini:

Hasil penelitian mereka akan membantu kita dalam melakukan optimasi di SEO, yang insya Allah akan dibahas di tulisan-tulisan mendatang.

Call to Action

Daftar postingan seri Belajar SEO

Setelah membaca tulisan-tulisan di seri ini, teman-teman bisa belajar dan menggali lebih dalam mengenai SEO (saya juga menyertakan link ke bacaan atau tutorial lebih lanjut), menerapkan di website sendiri, dan pada akhirnya bisa menjangkau target pasar teman-teman lewat situs pencari dan mendapatkan customer dari sana. Tulisan ini saya bagi menjadi beberapa post karena tulisan aslinya amat panjang. Saya berusaha menjelaskan selengkap mungkin menggunakan bahasa yang sederhana.

  1. Apa dan mengapa Search Engine Optimization?
  2. Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari seperti Google?
  3. Keyword Research
  4. On Page Optimization
  5. Off Page Optimization
Iklan

One thought on “Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari seperti Google? Belajar SEO (Bag. 2)

Bagaimana Menurutmu? Komentar Ya! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s