Bagaimana Strategi Digital Marketing Menghasilkan 1 Milyar Rupiah dalam 1 Bulan (Hint: Gerakan Sosial)

Hati-Untuk-Ammar-Website

Terkisahkan, ada seorang bayi, anak seorang guru SD di kota Depok, yang menderita penyakit hati yang langka. Kulit dan matanya menguning, kotorannya memutih, dan perutnya membuncit. Nama penyakitnya atresia bilier, dialami 1 dari 10.000 anak.

Ia harus segera dioperasi dalam dua bulan, khawatir kondisinya semakin memburuk. Namun biaya operasi yang mencapai 900 juta rupiah adalah jumlah yang sangat banyak bagi orang tua Ammar yang sederhana. Bahkan BPJS serta bantuan banyak pihak selama ini belum mencapai separuh jumlah yang dibutuhkan.

Takdir menentukan bahwa datanglah sekumpulan relawan yang tergerak membantu orang tua Ammar. Gerakan #HatiUntukAmmar lahir, dengan cara mengumpulkan donasi yang amat tidak biasa. Selain dengan metode offline seperti biasa, mereka juga menggunakan strategi digital marketing yang mereka kuasai untuk meningkatkan awareness dan mengumpulkan dana untuk Ammar.

Hasilnya, target 900 juta rupiah tercapai hanya dalam waktu 1 bulan! Isu ini juga berhasil diangkat ke berbagai media nasional.

Di postingan ini, saya berbincang lewat email dengan M. Maula Nuruddin Al Haq, salah seorang inisiator gerakan ini, yang merupakan seorang pemain aktif di dunia internet marketing. Saya ingin menggali khususnya mengenai strategi digital marketing yang digunakan dalam gerakan Hati untuk Ammar.

1. Mohon ceritakan sekilas bagaimana tim Hati untuk Ammar saling bertemu dan akhirnya bisa bekerjasama?

Awalnya saya tahu dari group WhatsApp saya, di sana berkumpul orang-orang yang suka dengan ilmu public relation. Beberapa anggotanya suka membuat video, dan ada yang membuat video tentang Ammar. Dari sana saya mulai mengikuti perkembangannya.

Saya sudah melihat video itu diupload di social media, tapi beberapa hari saya lihat, responnya kurang bagus. Akhirnya saya inisiatif mau membantu agar isu ini tersebar, menggunakan ilmu yang saya pelajari yaitu internet marketing dan memakai salah satu konsep growth hacking.

Tiba-tiba saja teman saya Wahyu mem-WA saya tentang Ammar ini, dia tanya apakah saya mau bantu kasus ini. Tentu saya iyakan karena memang awalnya saya sudah niat mau bantu. Wahyu bilang, sudah ada beberapa teman dari LSM, gerakan dongeng, lembaga zakat, dan mahasiswa yang mau bantu juga.

Tanpa pikir panjang, saya hubungi Shandy dan Ivan, yang satu group mastermind bersama saya dalam internet marketing. Ternyata Shandy yang jago buat web ini memang mau bantu karena ibunya Ammar adalah guru ngajinya saat kecil dulu.

Semuanya berjalan mudah saja, takdir memang tidak bisa dilawan. Kami pun bertemu untuk membuat sebuah gerakan untuk membantu Ammar. Waktu itu rapatnya malam hari di rumah Shandy bersama beberapa orang termasuk ayahnya Ammar. Disepakati ada dua tim, yang jalan di online dan offline. Akhirnya beberapa hari kemudian ditentukan nama gerakan ini menjadi #HatiUntukAmmar, websitenya pun jadi dalam 1 hari. Kami tim inti berkumpul dalam satu group WA agar mudah berkoordinasi.

Cepet Sembuh Dek Ammar
Cepet Sembuh Dek Ammar

2. Bagaimana latar belakang skill & keahlian dari masing-masing anggota?

Di dalam tim #HatiUntukAmmar ada sekitar 43 orang. Latar belakangnya beda-beda. Ada internet marketers, pendongeng anak, relawan zakat, mahasiswa, anak SMA, sampai karyawan yang punya jiwa sosial.

Nah, dari sinilah kami membagi tugas, ada tim online, ada tim offline.

Bila dirinci, tim online itu memegang konten socmed, iklan di FB, pembuatan website, dan membuat strategi agar isu ini menjadi isu nasional.

Tim offline yaitu mencari donatur, datang ke sekolah-sekolah untuk mendongeng lalu anak muridnya bersedekah, dan datang ke beberapa event untuk memberitahu tentang gerakan ini.

Satu lagi kami disupport tim kreatif dalam pembuatan desain grafis dan video.

3. Bagaimana strategi digital marketing yang digunakan dalam gerakan ini?

Objective kita waktu itu adalah minimal isu gerakan ini menjadi isu nasional dan maksimal menjadi isu global. Dan tentunya terkumpul uang sejumah 900 juta dalam waktu 2 bulan.

Tim kami sadar, bahwa kami akan melakukan rekayasa digital, yaitu membuat sebuah isu bisa tiba-tiba menjadi tren di dunia digital.

Alhamdulillahnya, kami sudah sedikit memahami perilaku audiens indonesia dengan berbagai channelnya, sehingga memudahkan kami untuk membuat rencana kerja yang tervalidasi.

Tim digital marketing #HatiUntukAmmar dipegang oleh 5 orang, tugas masing-masingnya:

  1. Content creator (bagaimana membuat konten yang viral)
  2. Infrastruktur digital (pembuatan asset website dan social media: Fanpage FB dan Twitter)
  3. Paid traffic (mendatangkan targeted traffic lewat FB Ads dan AdWords)
  4. Organic traffic (mendatangkan traffic secara organic lewat SEO dan interaksi di socmed)
  5. Admin socmed (update konten dan interaksi dengan traffic)

Tahapan pertama yaitu menciptakan awareness mengenai gerakan ini. Dimulai dengan membuat viral content di Fanpage FB lalu kita boosting dengan FB ads, diarahkan lokasinya ke Indonesia dengan umur dari 13 tahun. Kenapa mulai dari 13 tahun, karena usia segitu suka share konten-konten yang ada di Facebook.

Penciptaan viral content ini kami lihat dari berbagai sisi dan mengkombinasikan hal berikut:

  • Touching story (bagaimana membuat tulisan yang menyentuh hati)
  • Edge rank (bagaimana memanfaatkan edge rank Facebook (like, comment, share, dan mention) sehingga konten ini akan viral secara organik setelah diboosting iklan berbayar)
  • Call to action (bagaimana menciptakan kata-kata agar orang mau bergerak/take action)
  • Pemilihan gambar yang menarik
  • Pemilihan demografi ke audience yang suka share dan ke media-media agar terjadi liputan.

Kami dibantu juga dengan teman-teman internet marketers yang meramaikan lewat fanpage-fanpage mereka dan diiklankan juga. Sehingga reach-nya menjadi lebih besar.

Admin selalu update info di fan page FB dan Twitter, sehingga konten tetap berkualitas dan interaksi kepada audience terjaga agar gerakan ini tetap terpercaya.

4. Bagaimana hasil dari strategi yang digunakan? Mana strategi yang berhasil? Adakah strategi yang ternyata belum berhasil?

Alhamdulillah, responnya luar biasa. Hasil kolaborasi 43 orang itu malah mampu mengumpulkan 1 milyar lebih dalam waktu kurang dari sebulan.

Strategi yang belum berhasil? Nampaknya yang belum dicoba ada sih, yaitu menggunakan SEO. Karena artikelnya tidak dibuat-buat hehehe.

5. Apa insight atau learning yang didapatkan dari menjalankan gerakan Hati untuk Ammar ini?

Pelajaran besarnya adalah, dunia digital atau online ini tidak ada sekat atau batas, borderless. Kita bisa membuat sesuatu yang kita inginkan secara tiba-tiba ketika kita sudah tahu mapping dunia digital ini. Sehingga jika kita mau melakukan sebuah rekayasa akan lebih mudah. Kami berharap kelebihan dari dunia dunia digital atau Internet ini digunakan dalam hal kebaikan.

6. Apa rencana selanjutnya setelah Ammar?

Kami sedang membuat sebuah platform gerakan digital dinamakan kolaboraksi.com. Jiwanya social entrepreneurship. Jadi kami mau membuat bisnis sosial melalui channel digital dengan membentuk rekayasa tadi. Perputaran ekonominya akan digunakan kelak untuk membantu anak-anak seperti Ammar dan temen-temen yang perlu dibantu.

Terimakasih Maula untuk sharing-nya yang sangat inspiratif. Inilah alasan mengapa kita harus menguasai ilmu digital marketing. Selain karena memang demand-nya sangat tinggi di perusahaan-perusahaan, kita bisa membantu lebih banyak orang lagi 🙂

Call to Action

Iklan

One thought on “Bagaimana Strategi Digital Marketing Menghasilkan 1 Milyar Rupiah dalam 1 Bulan (Hint: Gerakan Sosial)

Bagaimana Menurutmu? Komentar Ya! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s