Postingan Pertama. Selamat Datang di Blog “I Love Digital Marketing”

5138234379_9d16046cbd_b (1)

Saya amat suka belajar dan membaca. Setiap hari saya pasti membaca blog atau ebook, terkadang menonton YouTube, mengenai hal-hal dalam bidang yang menjadi passion dan (alhamdulillah juga) profesi saya, yaitu digital marketing.

Sayangnya, selama ini saya belum menemukan blog berbahasa Indonesia yang membahas tentang digital marketing secara fokus dan menyeluruh seperti yang sering saya baca dari blog-blog luar negeri. Beberapa blog Indonesia terbaik yang berhubungan dengan digital marketing tidaklah membahas digital marketing secara fokus.

Seperti StartupBisnis atau TechInAsia Indonesia, itu lebih sering membahas tentang entrepreneurship dan startup, tips sukses, tips toko online, berita startup Indonesia, baru terkadang ada tulisan yang mendalam tentang satu topik di digital marketing.

Padahal, dunia digital marketing di Indonesia masih akan sangat berkembang. Berbagai perusahaan sudah menyadari pentingnya digital marketing. Mereka membutuhkan sumber daya manusia yang sangat banyak dan berkualitas.

Jadi resource dalam bahasa Indonesia yang berkualitas dan memudahkan pembacanya masih dibutuhkan.

Oleh karena itu, terinspirasi dari beberapa blog di luar negeri, seperti Quicksprout (SEO, content marketing, social media, dsb) milik Neil Patel yang menjadi inspirasi utama blog ini, Hubspot (inbound & content marketing), Avinash Kaushik & Justin Cutroni (digital analytics/Google Analytics), Optimizesmart (analytics & PPC) dan masih banyak lagi, saya membuat blog ini untuk berbagi dan saling belajar tentang bidang digital marketing yang amat sangat luas ini.

Memang, industri digital marketing itu berbahasa Inggris. Blog maupun resource mengenai digital marketing pun sebagian besarnya berbahasa Inggris. Namun saya merasa bahwa resource dalam bahasa Indonesia tetap perlu ada. Pertama, untuk memudahkan orang-orang awam yang belum mengetahui tentang digital marketing tahu dan mengerti tentang ini. Kedua, walaupun saya bisa menulis dalam bahasa Inggris, tetap lebih mudah bagi saya menuliskan pemikiran dalam bahasa Indonesia. Tapi mungkin pemikiran saya salah. Kalau kelak lebih baik dan lebih mudah bagai saya untuk menulis dalam bahasa Inggris pula, bisa jadi saya mengubahnya menjadi bahasa Inggris.

“Mengapa Nama Blognya I Love Digital Marketing?”

Kalo nggak suka bisa diganti kok 😛

Seperti tagline blog ini, “So I Love It!”, ini menunjukkan kecintaan saya terhadap dunia ini dan keinginan saya untuk berkontribusi dalam industri yang menjadi passion sekaligus menghidupi saya sekeluarga ini.

Visi & Tujuan Blog Ini

Menjadi blog rujukan para praktisi dan calon praktisi digital marketing di Indonesia untuk saling belajar dan berbagai ilmu mengenai digital marketing.

Apa yang Ada Di Blog Ini

Well, saat saya menulis postingan pertama ini, belum ada apa-apa di blog ini.

Tapi kelak, insya Allah, akan banyak tulisan mengenai bidang-bidang yang ada di bawah digital marketing. Antara lain

  • Search Engine Optimization
  • Search Engine Marketing
  • Digital Advertising
  • Social Media
  • Digital Analytics
  • Mobile
  • Content Marketing
  • Conversion Optimization
  • Dan sebagainya.

Saya Menunggu Tulisan Teman-teman!

Karena bidang digital marketing sangat luas, yang bisa saya bagi di sini hanya bidang-bidang yang saya punya pengalaman dan ilmu di sana. Ada bidang-bidang yang tidak saya kuasai ilmunya, jadi saya juga berharap teman-teman yang juga berbagi ilmunya di blog ini.

Singkat kata, mari belajar bersama-sama lewat blog ini, untuk industri digital marketing yang lebih baik di Indonesia, agar market size-nya semakin berkembang, dan semakin banyak orang yang memiliki ilmu di bidang ini.

I live in digital marketing, so I love it!

Photo Credit: JD Hancock via Compfight cc

Bagaimana Menurutmu? Komentar Ya! :)

